ZESryUTn8eZmKhSM2TSJ9LZvZEviAo6M94zBnnZn

Manfaat Kencur

6 Manfaat Kencur untuk Kesehatan Tubuh yang Harus Anda Tahu

Hallo.., al-hamdulillah kita bisa bertemu kembali disini, semoga kita selalu diberi kesehatan Oleh Allah swt. Sesi kali ini akan dibahas tema terkait "manfaat kencur, 6 Manfaat Kencur untuk Kesehatan Tubuh yang Harus Anda Tahu". yuk pelajari selengkapnya...

Kencur yang punya nama latin Kaempferia galanga L, ternyata sedang satu anak bini dengan deringo ataupun Zingiberaceae. Jadi, jangan heran jika berjibun anak Adam acap keliru membedakan kencur dengan deringo meskipun lengkuas akibat bentuknya yang hampir mirip. Padahal nyatanya, kencur bisa membawa arti yang berparak dari deringo untuk kesehatan tubuh. Baca terus untuk mengetahui beragam arti kencur untuk kesehatan tubuh, yuk!

Apa itu kencur?

Sumber: Hallo Yahya

Kencur merupakan salah satu jenis bumbu dapur yang memegang aroma khas yang segar dan menyeruak. Selain digunakan sebagai kenaikan cita melalui di masakan, arti kencur lagi telah lama dikenal sebagai obat alami.

Tanaman yang berasal dari Asia ini masuk ke di anak bini suku jahe-jahean (Zingiberaceae). Spesies Zingiberaceae tidak hanya berisikan tanaman kencur saja, tapi lagi meliputi jahe, kunyit, serta lengkuas. Ya, dengan kata lain, kencur sebenarnya masih satu anak bini dekat dengan jahe, lengkus, meskipun kunyit.

Itulah salah satu argumentasi mengapa bakal alas makanan tersebut memegang bangun yang hampir serupa, batas kadang sulit dibedakan. Tanaman kencur berjibun tumbuh di wilayah beriklim tropis dan subtropis. Daerah penyebaran umumnya berada di Asia, celah lain di Indonesia, India, Bangladesh, Thailand, dan Malaysia.

Tanaman kencur biasanya tumbuh subur di daerah pegunungan ataupun dataran rendah.  Struktur butala yang paling baik untuk menanam kencur ialah gembur alias tak terlalu berjibun mengandung air. 

Akan tetapi, kencur lagi tak kalah subur ketika ditanam di di jambangan dengan kondisi butala yang tak terlalu basah. Meki yang selama ini acap Anda gunakan hanyalah cuilan umbi kencur saja, nyatanya tanaman ini memegang bangun yang lengkap.

Sama seperti awam tumbuhan pada umumnya, tanaman kencur lagi dilengkapi dengan daun dan bunga. Hanya saja, bangun dan penampakannya tentu berparak dengan bumbu dapur lainnya.

Apa saja kandungan dan larutan ilmu pisah di di kencur?

Di samping agaknya yang khas dan bisa menambah kelezatan olahan masakan, arti kencur tak hanya sampai di situ. Berbagai arsitektur zat yang terkandung pada kencur, yakni:

  • Pati
  • Mineral
  • Sineol
  • Asam metil kanil dan penta dekaan
  • Asam sinamat
  • Etil ester
  • Borneol
  • Kamphene
  • Paraeumarin
  • Asam anisat
  • Alkaloid
  • Gom

Kandungan sineol, kecut metil kanil, penta dekaan, kecut sinamat, dan lain sebagainya tersebut masuk ke di minyak-minyak atsiri. Bukan hanya itu, larutan ilmu pisah lainnya yang ada di di kencur yakni etil p-metoksisinamat, p-metoksistiren, karen, borneol, dan parafin.

Di celah kandungan ilmu pisah ini, etil p-metoksisinamat melambangkan anggota utama dari kencur. Sementara untuk kandungan minyak atsiri, ada sekitar 2,4-2,9 persen kadar minyak atsiri yang menyusun larutan kencur.

Apa bedanya kencur, jahe, dan kunyit?

Sumber: Bobo

Bagi Anda yang telah paham benar dengan berbagai jenis bumbu dapur, tentu telah tak asing lagi dengan kencur. Namun, akibat jenis bumbu dapur tak hanya satu, kadang melaksanakan anak Adam kebingungan di membedakan beragam jenisnya.

Mungkin Anda termasuk salah satu yang kerap elusif membedakan celah kencur dengan berbagai bumbu dapur lainnya. Entah itu deringo ataupun kunyit, misalnya. Padahal, masing-masing bumbu dapur tersebut memegang bangun dan ciri khas tersendiri. Bahkan, arti kencur dan bakal makanan lainnya juga tak sama.

Berikut berbagai perbedaan celah kencur, jahe, serta kunyit, yang sebaiknya Anda pahami:

1. Bentuk

Jika dilihat sekilas, kencur, jahe, dan kurkuma terlihat mirip. Meskipun sama-sama termasuk kalangan tanaman akar, kencur memegang penampakan kulit yang khas, berwarna kecokelatan dengan cuilan di berwarna kuning pucat.

Selain itu, kencur umumnya berbentuk gamak bulat dan pendek. Sementara bangun kurkuma justru sebaliknya. Jika kencur memegang bangun yang cenderung bulat, kurkuma berbentuk panjang dengan ukuran yang menyerupai ruas jari manusia. Warna cuilan di kurkuma juga sangat berparak ketimbang bumbu dapur lainnya, ialah lebih ke oranye. 

Oleh akibat memiliki kurkuminoid, kurkuma akan mencadangkan berbagai-bagai khas kekuningan setelah dipegang. Kurkuminoid merupakan zat pemberi berbagai-bagai kuning yang biasanya terdapat pada kurkuma dan temulawak.

Berbeda lagi dengan jahe, yang memang memegang bangun yang lagi hampir menyerupai ruas jari manusia. Hanya saja, bangun tanaman ini biasanya akan menggembung di ketika sehingga tak tampak ramping seperti kunyit.

2. Daun

Tanaman kencur biasanya memegang helai daun berjumlah 2-4 helai, ataupun tak terlalu banyak. Bentuk daunnya bulat lebar dengan susanan menemani daun yang saling berhadapan satu dan lainnya. Sedangkan daun dari tanaman kurkuma berjumlah sekitar 3-8 helai, dengan panjang daun bisa mencapai kurang lebih 70 sentimeter (cm).

Tidak serupa dengan bangun daun tanaman kencur, ukuran daun pada tanaman kurkuma memanjang dengan bangun lancip di cuilan ujungnya. Untuk tanaman jahe, memilki bangun daun yang menyirip dan terbilang gamak pendek.

3. Bunga

Menariknya, ketiga bumbu dapur ini lagi memegang bunga sebagai pelengkap tanaman. Pada kencur, bunganya berwarna putih dan dilengkapi dengan 4 helai mahkota. Bunga tersebut disokong oleh tangkai yang tak terlalu panjang.

Bentuk bunga tanaman kurkuma tak jauh berparak dengan tanaman kencur. Namun, tanaman kurkuma memegang bunga berwarna gamak keunguan dengan ukuran yang lagi cukup kecil. Lain hanya dengan bunga tanaman jahe, yang berukuran cukup lebar dan gamak besar. Warna bunga tanaman deringo umumnya merah, dengan gagang bunga yang bersisik.

4. Rasa

Aroma dan melalui melambangkan salah satu perbedaan mencolok dari kencur, kunyit, dan jahe. Kencur memiliki aroma yang sangat kuat, apalagi bisa gamak menyeruak. Rasa khas dari kencur sendiri terbilang unik, yaitu ada sensasi pahit, pedas, tapi terasa hangat saat masuk ke di tubuh. 

Sedangkan deringo memegang melalui dominan yang bengis berkat kandungan larutan zingeron di dalamnya. Itu sebabnya, deringo kerap dijadikan minuman penghangat tubuh yang enak dikonsumsi saat keadaan udara sedang dingin.

Di sisi lain, kurkuma memang memegang melalui yang tak sekuat kencur ataupun juga jahe. Namun, kurkuma memberikan melalui yang cukup artistik dan tak bengis saat dimakan. Maka itu, awam anak Adam biasanya tak terlalu menyadari telah memakan makanan dengan olahan kurkuma di dalamnya.

Apa saja arti kencur untuk kesehatan?

Selain sebagai bumbu masakan, nyatanya kencur memegang beragam arti yang baik untuk kesehatan, di antaranya:

1. Mengobati batuk

Ramuan konvensional kuno kencur yang dicampuran dengan garam telah lama dikenal sebagai obat konvensional kuno batuk darah berdahak. Meminum ramuan ini digadang-gadang bisa melaksanakan pernapasan lebih lapang dan membantu meredakan batuk darah berdahak lebih cepat.

Selain bisa oke obat batuk, ternyata bakal herbal ini acap dikonsumsi oleh getah perca penyanyi setelah mereka tampil untuk membantu menjaga kondisi pita suara sekaligus melaksanakan tenggorokan terasa lebih lega, loh! Namun sayangnya belum ada eksplorasi yang membuktikan arti ini.

2. Menghilangkan stres

Sebuah eksplorasi yang dilakuan oleh getah perca peneliti dari Departemen farmasi Universitas Jahangirnagar Bangladesh, berhasil menemukan arti kencur. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa biang tanaman kencur baik rimpang/akar dan daunnya memegang sifat antidepresan atas sistem saraf pusat yang bisa memberikan efek sedatif ataupun menenangkan.

Hasil eksplorasi tersebut turut memastikan tentang arti kencur untuk kesehatan sebagai efek sedatif yang signifikan. Itu sebabnya, berjibun anak Adam memanfaatkan kencur sebagai obat yang digunakan untuk meluak efek stres, cemas, gelisah, dan depresi.

Meski demikian, eksplorasi ini sedang membutuhkan riset lebih lanjut mengenai khasiat kencur untuk kesehatan tubuh manusia.

3. Mengobati diare

Masih dari hasil eksplorasi sebelumnya yang dimuat di International Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences, menemukan hal menarik. Penelitian tersebut menyebutkan bahwa biang kencur memiliki kandungan zat sitotoksik dan antibakteri di jumlah yang cukup banyak.

Atas alas itulah, kencur dipercaya bisa menjadi salah pilihan pengobatan manjur untuk diare. Hal tersebut dibuktikan dengan eksplorasi yang dilakukan pada hewan jika yang dibagi menjadi 2 kelompok. Kedua kelompok tersebut telah diberikan minyak jarak dengan cara diminum (oral) guna menimbulkan diare.

Faktanya, hewan jika yang menerima biang kencur menunjukkan tanda-tanda dan fakta diare khas yang lebih ringan, apalagi anjak hilang. Sedangkan kelompok hewan jika lainnya yang tak mendapatkan biang kencur, mengalami fakta diare terus-menerus. Misalnya feses cenderung cair, sakit perut, dan frekuensi buang air besar sering.

4. Bahan alas jamu

Di Indonesia, kencur melambangkan bakal utama yang digunakan untuk melaksanakan jamu, entah itu jamu konvensional kuno meskipun modern buatan pabrik. Minuman jamu ini acap disebut dengan biji-bijian kencur yang terbuat dari campuran beras, kencur, kecut Jawa, serta sakaros merah.

Khasiat kencur yang diolah menjadi minuman jamu bermanfaat untuk meningkatkan animo makan, mengatasi masalah pencernaan, sakit perut, sesak nafas, pilek, dan lagi sakit kepala.

Namun sayangnya lagi-lagi eksplorasi mengenai arti kencur sedang minim.

5. Mencegah karies gigi

Sifat antimikroba yang ada di di kencur ternyata memegang arti yang menakjubkan. Kandungan tersebut bisa membantu menghambat perkembangan bakteri Lactobacillus acidophilus di di tubuh.

Pasalnya, jika dibiarkan semakin banyak, basil tersebut bisa mengakibatkan munculnya kerusakan gigi, seperti karies gigi. Penyakit yang biasanya dialami oleh anak-anak ini akan melaksanakan gigi rusak akibat menimbulkan lubang, infeksi, dan sakit gigi.

Apa saja arti kencur di masakan?

Umumnya, kencur dijadikan bakal alas kenaikan melalui pada olahan pecel, urap, karedok, ataupun apalagi seblak. Tambahan kencur yang diulek bersama aneka bumbu lainnya, bertujuan agar melalui makanan tersebut menjadi lebih segar saat dimakan.

Bukan itu saja. Kencur lagi bisa dicampur bersama sambal sehingga memberikan aroma harum saat disantap. Tidak terbatas pada makanan, penggunaan kencur lagi bisa Anda masukkan ke di olahan minuman yang akan memberikan sensasi hangat di tenggorokan.

Resep olahan kencur

Sumber: Okezone

Demi mendapatkan arti optimal dari kencur, ada beragam pilihan olahan kencur yang bisa Anda coba. Baik itu mengolahnya menjadi hidangan makan tengah hari dan malam, meskipun sebagai minuman pelepas dahaga. Untuk melancarkan proses pembuatannya, berikut beberapa resep kencur yang bisa Anda jika di rumah:

1. Resep kencur shot

Perpaduan dari kencur yang ditambah dengan deringo diyakini boleh membantu melancarkan sistem pencernaan, sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh. Supaya melalui yang tercipta lebih netral, sah-sah saja untuk menambahkan sensitif alami lainnya ke di segelas kencur shot Anda.

Di sini, Anda bisa memanfaatkan campuran air lemon ataupun air jeruk nipis, yang dipadukan dengan madu asli. Jika embuh tak terlalu pedas, menambahkan sedikit air bisa turut membantu menetralkan melalui minuman ini.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 50 gr kencur
  • 50 gr jahe
  • ½ cangkir air agak lemon
  • ½ cangkir madu
  • 100 ml air matang

Cara membuat:

  1. Kupas kencur dan jahet, kemudian parut sampai halus.
  2. Peras dengan memanfaatkan saringan halus, sampai menghasilkan air sarinya.
  3. Letakkan air sari tersebut ke di gelas, kemudian tambahkan dengan madu dan sari buah lemon.
  4. Anda bisa menambahkan air bulug secukupnya, untuk basmi melalui bengis dan pahit dari deringo dan kencur.

2. Resep biji-bijian kencur

Meski namanya biji-bijian kencur, tapi minuman yang satu ini lagi melibatkan berbagai bakal alas lain di dalamnya. Ada kunyit, jahe, kecut jawa, sakaros jawa, batas daun sangkan yang akan membantu melezatkan cita melalui jamu ini.

Selain nikmat dan melaksanakan tubuh lebih hangat, minuman biji-bijian kencur lagi dipercaya memegang arti baik. Misalnya sebagai untuk menyembuhkan masuk angin, apalagi membantu meningkatkan animo makan pada anak. Tak krusial bingung bahagaimana harus membuatnya, Anda bisa langsung jika resep biji-bijian kencur ini.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • Beras putih 50 gr
  • 1 buah kencur berukuran sedang
  • 1 buah kurkuma berukuran kecil
  • 1 buah deringo berukuran sedang
  • 2 sdm kecut jawa
  • 260 gr sakaros jawa
  • 2 lembar daun pandan
  • Air bulug secukupnya

Cara membuat:

  1. Rendam biji-bijian di air bersih selama kurang lebih 3 jam.
  2. Rebus air bulug bersama kencur, kunyit, jahe, kecut jawa, daun pandan, dan sakaros jawa. Aduk dangkal dan kempuh sampai semua bakal tersebut bulug serta mendidih.
  3. Setelah gamak dingin, saring air rebusan tersebut.
  4. Tumbuk ampas dari kencur, kunyit, jahe, dan kecut jawa yang sebelumnya direbus, bersama dengan rendaman biji-bijian putih batas halus.
  5. Saring dan peras hasil bentrokan tersebut batas keluar airnya, usahakan sampai benar-benar kering.
  6. Pastikan melalui minuman telah sempurna setelah dihidangkan.
  7. Sajikan biji-bijian kencur langsung, ataupun ditambah dengan es batu.

Selamat mencoba berbagai arti kencur yang baik bagi tubuh,  ya!

Baca Juga:

Demikian penjelasan tentang "6 Manfaat Kencur untuk Kesehatan Tubuh yang Harus Anda Tahu". semoga info ini menambah wawasan bagi Kita semua. salam

Sumber artikel https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/manfaat-kencur-untuk-kesehatan/

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar