ZESryUTn8eZmKhSM2TSJ9LZvZEviAo6M94zBnnZn

Membuat Daftar Isi Di Artikel Blogspot Secara Otomatis

Cuma Bumbu : Membuat Daftar Isi Di Artikel Blogspot Secara OtomatisMembuat Daftar Isi Di Artikel Blogspot Secara Otomatis merupakan cara yang mungkin saat ini sedang Anda cari. Tiadak hanya keren sii, tetapi lebih untuk memenuhi derajat SEO menurut para ahli dibidang ini.

Biasanya daftar isi di artikel ini berbeda dengan daftar isi yang ada di site map yang memuat seluruh isi konten didalam sebuah blog / website. Namun daftar isi di artikel ini merupakan iformasi awal bagi para pembaca sebuah artikel, didaftar isi ini sudah tergambar sub judul yang akan ditampilkan dalam sebuah artikel.

Untuk lebih memudahkan pembaca maka saya akan membuatnya dimulai dari pengertian sampai akhir kesimpulan. Dan sebagai contoh hasilnya adalah seperti daftar isi untuk postingan ini!

Dafatar isi Artikel Ini!

  1. Pengertian Membuat Daftar Isi Di Artikel
  2. Tujuan Membuat Daftar Isi Di Artikel
  3. Cara Membuat Daftar Isi Di Artikel
  4. Kesimpulan Membuat Daftar Isi Di Artikel

Pengertian Membuat Daftar Isi Di Artikel

Pengertian daftar isi artikel adalah sebuah daftar isi yang dipasangkan diawal artikel yang memuat semua sub judul yang ada didalam sebuah artikel.

Kemudian pengertiannya menurut wiblogger.com dalam salah satu artikelnya menyatakan bahwa daftar isi postingan atau artikel adalah :
daftar link yang (umumnya) ditempatkan di bagian awal postingan / artikel yang mengarah ke bagian-bagian / poin pembahasan tertentu.

Jadi intinya daftar isi ini sebagai gambaran untuk informasi yang akan disampaikan dalam sebuah artikel. Kelebihannya adalah seorang pembaca bisa langsung memiliki akses ke sub judul yang mengindikasikan sebagai isi inti dari sebuah artikel tanpa harus mendrag cursornya. Begutyulah kira-kira... hehehh

Tujuan Membuat Daftar Isi Di Artikel

Seperti yang sudah disampaikan pada sub judul pengertian daftar isi artikel diatas, bahwa tujuannya adalah untuk menggambarkan keseluruhan isi bahasan didalam sebuah artikel. Dimana seorang pembaca langsung tahu, apa saja yang akan dimuat dalam sebuah artikel tersebut sampai akhirnya.

Selain tujuan tersebut, membuat daftar isi artikel menurut para ahli dibidang ini (seperti saya.. 😁) adalah untuk menguatkan artikel di SEO Google sehingga akan mendapatkan tempat istimewa disisi Mbah Gugel yang serba bisa itu. Tapi bukan Maha ya.. karena maha itu hanya milik Mahasiswa! dana mahanya dari maha hanya miliki Allah swt.

oiya, Daftar isi artikel ini sebaiknya kamu pasang diartikel yang panjang dan memiliki banyak sub judul. Tetapi pada artikel pendek yang hanya memuat 300 kata atau kurang menurutku itu tidak perlu dipasangi daftar isi. kalo untuk sekedar uji coba atau gaya-gayaan ya... terserah Anda sih...😁😁

Cara Membuat Daftar Isi Di Artikel

Untuk membuat daftar isi artikel ini ada beberapa langkah yang harus dilakukan setelah pembuatan artikel selesai. Karena pemasangan daftar isi ini wajib diakhir/setelah selesai pembuatan artikel.

Langkah pertama silahkan buat artikel yang panjang yah.. kira-kira 1000 kata lah. kemudian setelah selesai langkah selanjutnya adalah menentukan sub judul yang akan dibuatkan link dari daftas isi yang akan ditempatkan diawal artikel.

Sekarang silahkan kamu buka mode HTML yang ada disebelah kiri atas sebelah COMPOSE lalu letakan kede dibawah ini, dimanapun kamu ingin menempatkan daftar isi untuk artikel kamu.
<ol>
<li><a href='#daftarisi-1'>Text</a></li>
<li><a href='#daftarisi-2'>Text</a></li>
<li><a href='#daftarisi-3'>Text</a></li>
</ol>

Ket: silahkan kamu buat kode diatas sebanyak link sub judul yang akan kamu munculkan didaftar isi. Perlu diingat bahwa angka 1 menunjukan kode link yang akan diarahkan ke sub judul pertama. Kemudian "Text" kamu ganti dengan nama sub judul yang ditargetkan.

Untuk link sub judul ke 2 dan seterusnya kamu tinggal mengganti "text" dengan nama sub judul yang akan kamu tampilkan!

Jika misalkan kamu akan membuatnya empat link, maka tinggal kamu copat salah satu kode diatas dan ganti angkanya dengan angka 4. Bila 5, maka tambahkan lagi kodenya dan angkanya ganti dengan angka 5. Sebenarnya tulisan "#daftarisi-1" adalah ID yang disiapkan untuk memanggil elemen sub judul yang ingin ditampilkan sesuai ID tsbt.

Setelah itu masih dimode html silahkan ganti tambahkan kode pada sub judul yang akan dipanggil / melink ke deretan daftas isi yang sudah kamu buat.
<h2 id='daftarisi-1'>Sub Judul 1 milik kamu</h2> 

Tambahkan kode yang sama disetiap sub judul yang di link kan ke daftar isi sesuai urutan angkanya.

Bila kamu tepat melakukan langkah-langkah diatas seharusnya daftar isi yang kamu bua sudah jadi dan berhasil. Selamat bereksperimen.

Oiya, ingat membuat daftar isi ini harus paling akhir sebelum diposting! setelah selesai kamu menempatkan kode-kode tersebut dalam mode HTML jangan dikembalikan ke mode COMPOSE, tetapi langsung dipublish. Jika dikembalikan ke Compose maka kodenya akan berubah dan bila diposting daftar isinya tidak akan berfungsi. Jadi sia-sia, ya kan?.. jadi nurut ya, sesuai tuntunan sohih dari artikel ini!... 😃😃😃
Begitulah kira-kira cara membuat dan memasangkan daftar isi artikel dipostingan kamu. Untuk hasilnya seperti daftar isi yang ada dalam postingan yang sedang kamu baca ini.

Kesimpulan Membuat Daftar Isi Di Artikel


  1. Daftar isi merupkan deretan text di awal artikel yang memiliki link yang mengait ke elemen-elemen yang berupa sub judul didalam artikel tersebut.
  2. Caranya dengan membuat kode-kode seperti diatas setelah menyelesaikan pembuatan artikel. Kemudian artikel yang dibuat sebaikanya adalah artikel yang panjang dan memiliki sub judu tidak hanya satu.
  3. Harus diposting dalam mode HTML jangan dalam mode Compose agar linknya berjalan dengan lancar dan tidak ada hambatan seperti dijalan tol...!

Demikian Infotmasi mengenai cara Membuat Daftar Isi Di Artikel Blogspot Secara Otomatis (padahal pembuatannya kagak manual, tapi linknya kalo berhasil pasti otomatis jalan- itulah maksudnya) dan semoga bermanfaat buat Anda dan semua pembaca!

Terimakasih sudah mampir, jangan lupa subscrib blog ini untuk mengetahui postingan selanjutnya dari blog ini. Selain itu, bila ingin berkomentar, sampaikanlah komentarmu dengan bahasa yang sederhana, mudah dipahami dan tetap dalam koridor sopan santun sebagai nettizen yang bermoral dan bermartabat. Salam!
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar