ZESryUTn8eZmKhSM2TSJ9LZvZEviAo6M94zBnnZn

Tanaman Sayuran Yang Cocok Ditanam Pada Saat Musim Hujan

kacang Panjang Tanaman Sayuran Yang Cocok Ditanam Pada Saat Musim HujanSalam, berjumpa kembali disini bersama cumabumbu, semoga kita semua selalu diberi kesehatan dan keberkahan hidup, baik lahir maupun batin. Amiiin.! Baiklah, pada artikel ini kami akan menjelaskan pembahasan tentang pertanian dengan judul Tanaman Sayuran Yang Cocok Ditanam Pada Saat Musim Hujan, Mari kita pelajari selengkapnya...!


Musim hujan secara muthlak menjadi sebuah berkah untuk memulai bercocok tanam, setelah usainya musim kemarau para petani pasti akan memulai mengolah lahan pertanian mereka untuk bercocok tanam. Jenis tanaman yang akan disemai dilahan pertanian mereka tentu disesuaikan dengan musim hujan, karena tidak semua tanaman bisa bisa tumbuh di musim hujan yang lebat.

Tingginya volume air dimusim hujan tidak berarti akan baik bagi semua jenis tanaman, karena ada tanaman yang malah tidak bisa tumbuh baik bahkan mati karena terus menerut tergenang air. Oleh karena itu penting sekali bagi Anda yang baru memulai menjadi petani, baik sebagai hobi maupun sebagai sumber pokok pendapatan agar mengenal jenis-jenis tanaman yang cocok ditanam pada saat musim hujan.

Di Daerah tropis seperti Indonesia, musim penghujan biasanya datang paling cepat disekitar bulan Oktober, namun normalnya biasa dimulai pada pertengahan bulan November. Kemudian mulai mereda pada sekitar akhir bulan Mei hingga juni yang selanjutnya memasuki musim kemarau. Apa saja tanaman yang cocok ditanam dimusim penghujan itu?... Ok, mari kita coba kupas selengkapnya...

Yang paling cocok ditanam dimusim hujan adalah tanaman dari jenis sayuran. Kemudian kita akan membagi sayuran ini ke dalam 2 jenis yaitu; sayuran dedaunan dan sayuran buah-buahan! Ini supaya kita bisa lebih fokus dan bisa lebih paham apa yang ingin dipilih sebagai tanaman yang akan kita urus selama musim hujan ini.

Daftar isi :

  1. Kangkung
  2. Sayuran Genjer
  3. Sawi Putih
  4. Selada
  5. Seledri
  6. Bawang Daun
  7. Bayam
  8. Pare atau Paria
  9. Buncis
  10. Kacang Panjang

A. Sayur-sayuran Yang Cocok Ditanam Pada Saat Musim Hujan

Beberapa jenis sayuran yang bisa dibudidayakan atau ditanam pada saat musim hujan, sebenarnya sudah sangat kita kenal, namun sering kali kita tidak sadar, bahwa sayuran yang mungkin kita konsumsi setiap hari itu adalah sayuran yang paling sering ditanam dimusim hujan. Berikut ini penjelasan dari kami!

Kangkung

Kangkung atau dengan nama latinnya adalah Ipomoea aquatica Forsk merupakan tumbuhan dari jenis sayur-sayuran yang tujuan dari pembudidayaannya sebagai makanan. Kangkung akan sangat mudah dan banyak dijumpai di kawasan Asia hususnya asia tenggara. Hal ini dikarenakan kangkung sangat bergantung sekali pada ketersediaan air, sehingga iklim tropis yang ada di Asia Tenggara ini membuatnya bisa tumbuh dengan subur. Oleh karena itu kangkung adalah sayuran yang paling sering bisa ditemukan dipasar-pasar terutama dipasar-pasar tradisional.

Daerah pesawahan biasanya menjadi tempat paling cocok untuk tanaman kangkung ini. Karena karakter pengelolaan sawah sangat cocok dengan dengan sipat dari tanaman ini yang sangat bergantung pada genangan air. Sehingga tanaman ini bisa tumbuh dengan sangat subur diarea pesawahan.

Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, kini sudah ada jenis kangkung yang bisa ditanam dan dikembang biakan didaratan yang tidak digenangi air sama sekali. Orang-orang sering menyebutnya dengan kangkung darat, sehingga didataran tinggi sekalipun sekarang kangkung sudah mulai bisa ditanam dan dibudidayakan. Sehingga kebutuhan akan kangkung dijamin tidak akan pernah kekuarangan.

Tanaman kangkung inipun sangat cocok dibudidayakan oleh ibu rumah tangga dengan memanfaatkan pekarangan rumahnya. Tentunya dengan luas area dan media yang disesuaikan dengan yang dimiliki. Bila halamannya memiliki kolam kecil, bisa dilengkapi dengan tanaman kangkung air dan bila tidak ada bisa juga dengan menggunakan media plibag yang ditanami jenis kangkung darat.

Silahkan dicoba yaa...!

Sayuran Genjer

Genjer yang dikenal dengan Limnocharis flava dalam bahasa Internasional ini merupakan jenis tumbuhan yang tumbuh sumbur di daerah rawa, sehingga tanaman ini sering sekali dijumpai di pesawahan dan daerah dengan perairan dangkal. Seperti halnya kangkung, tanaman ini sangat bergantung pada volume air sebagai tempat untuk tumbuh dan berkembangnya. Jadi, tanaman ini menjadi salah satu tanaman yang cocok dibudidayakan dimusim hujan.

Genjer juga sebagai salah satu sayuran yang banyak diganderungi banyak orang. Karena itu, tanaman ini bisa menjadi salah satu alternatif untuk dijadikan usaha yang menghasilkan pendapatan. Apalagi bagi Anda yang memiliki sawah, tanaman ini bisa dijadikan salah satu tanaman yang disandingkan dengan padi. Tetapi, tetap harus dikendalikan pertumbuhannya, katena bila tidak dikendalikan tanaman ini bisa menjadi gulma yang mengganggu tanaman padi Anda.

Dari sisi manfaat, genjer merupakan sayuran yang menjadi sumber makanan dengan kandungan serat yang tinggi. Ini sangat cocok dengan yang dibutuhkan tubuh dari setiap orang untuk sehari-harinya. Selain itu, juga memiliki kandungan protein yang tidak kalah dibutuhkan oleh tubuh, fosfor dan juga zat besi. Untuk lebih jelasnya mengenai kandungan yang dimiliki genjer Anda bisa mencarinya via mesin telusur miliki simbah gugel.. heheh

Serat dalam sayuran genjer ini memiliki banyak kegunaan diantaranya adalah untuk membantuk melancarkan pencernaan, sebagai pencegahan terjadinya sembelit, sebagai pengikat lemak dalam tubuh, sebagai pengontrol kadar gula dalam tubuh dan sebagai penambah kekuatan untuk metabolisma tubuh serta berbagai keutamaan lainnya.

Sawi Putih

Sawi putih atau dalam bahasa ilmiyyahnya Brassica rapa atau Brassicaceae dikenal oleh masyarakat dunia sebagai sayuran olahan dalam tradisi masakan orang Tionghoa. Oleh karena itu sayuran ini sering disebut oleh orang-orang sebagai sawi cina.

Sebutan lain dari sayuran ini adalah petsai (pecay). Sawi putih merupakan sayuran yang tumbuh didarat, namun juga bergantung pada siraman air yang cukup selama ia berkembang.

Sawi putih ini merupakan komoditi sayuran yang sering ditanam secara masal oleh petani yang berada didataran tinggi atau pegunungan. Seperti area pertanian di wilayah gunung wayang, kec. Kertasari Kab. Bandung.

Tanaman ini merupakan tanaman yang cocok ditanam dimusim hujan, karena tanaman ini sangat bergantung pada kecukupan air selama ia tumbuh. Tetapi tidak seperti kangkung dan genjer, sawi putih tidak akan tumbuh dalam genangan air, tetapi harus di tanah yang mengandung air yang cukup, tidak terlalu basah, juga tidak terlalu kering.

Dari sisi ekonomi, tanaman sayuran sawi putih ini benar-benar memberikan peluang untuk dijadikan salah satu tambahan penghasilan. Karena sayuran ini sangat digemari masyarakat, baik di perdesaan maupun diperkotaan.

Kemudian dari sisi manfaat, sayuran sawi putih ini bisa dijadikan sebagai pembantu perawatan kulit dengan cara mengkonsumsinya secara teratur. Selain itu, ia juga bermanfaat sebagai alergi, peradangan, sakit kepala, demam dan gangguan kulit.

Manfaat lain yang paling penting adalah bisa membantu sistem kekebalan tubuh serta bisa meningkatkan tekanan darah. Juga sebagai pelindung kesehatan mata dan penurun berat badan bagi mereka yang ingin mengurangi beban lemak dari dalam tubuhnya.

Selada

Selada yang nama ilmiahnya Lactuca sativa merupakan tanaman sayuran yang bisa tumbuh di iklim lembab dan iklim tropis. Nah, sayuran ini sangat cocok ditanam ketika musim hujan datang.

Ada 4 jenis selada yang sering dibudidayakan yaitu; selada kepala renyah, selada cos, selada daun longgar dan selada batang. Namun semuanya sama-sama bisa dibudidayakan oleh semua orang.

Tentu saja dari sisi ekonomis juga tidak kalah dengan sayuran yang lain, bahkan selada merupakan sayuran berkelas dan bisa dibudidayakan secara serius karena mempunyai pasar yang luas.

Dari sisi manfaatnya selada juga tidak kalah dengan sayuran yang lain. Diantaranya selada sangat membantu menyehatkan jantung, karena kandungan asam folatnya sangat tinggi sehingga bisa menurunkan resiko terkena stroke, koroner, paru dan lain-lain.

Selain itu selada dengan kandungan vitamin A dan Cnya sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit dan tetap lembab. dan masih banyak manfaat lain yang dimiliki oleh selada dari mulai meningkatkan sistem kekebalan tubuh hingga menyehatkan mata dll. Selengkapnya silahkan mencarinya di simbah gugel yang terpintar yaa...heheh

Seledri

Seledri yang memiliki nama ilmiah Apium Graveolens L merupakan tanaman sayuran yang biasa digunakan oleh ibu-ibu sebagai bumbu utama dari masakan sop dll.

Sebenarnya seledri ini merupakan tumbuhan dengan multi guna dalam masakan apapun. Selain itu juga sebagai bahan dasar untuk pengobatan tradisional dan dalam pengobatan modern sudah diekstrak menjadi pil.

Tanaman ini sangat cocok ditanam pada saat musim hujan, karena dia akan tumbuh ditanah dengan kandungan air yang cukup. Sebenarnya bisa juga ditanam dimusim kemarau, asalkan mau secara konsisten menyiramnya agar tanah tempat sayuran ini tetap basah.

Manfaatnya pun sangat banyak bagi kesehatan tubuh manusia. Namun mengenai manfaatnya ini tidak akan dibahas disini ya, kita akan menulisnya dalam artikel husus mengenai manfaat yang hebat yang dimiliki tumbuhan yang satu ini!. Mau tahu sekarang?.. mmm tanya mbah gugell aja yahh!

Bawang Daun

Bawang Daun yang dalam latinnya disebut Allium Fistulosum ini merupakan tanaman sayuran yang sering digunakan sebagai bumbu pelengkap masakan.

Sayuran ini sebagai bahan pokok utama dari setiap bumbu masakan, sehingga permintaan dipasarnya pun sangat tinggi. Ini merupakan peluang terbuka bagi Anda yang ingin menjadikannya sebagai komoditi yang mendatangkan profit.

Bawang daun biasa tumbuh ditanah yang memiliki cukup air, sehingga sangat cocok ditanam pada saat musim hujan. Bisa juga sih ditanam pada saat musim kemarau, hanya saja yaa, harus siap selalu dengan konsisten menyiramnya agar tanah tetap basah.

Seperti tanaman sayuran yang sudah kita sampaikan diatas, bawang daun juga bisa ditanam dipekarangan rumah dengan memanfaatkan luas pekarangan rumah yang dimiliki. Bahkan bisa ditempatkan diteras rumah sebagai bunga penghias. heheh Untuk manfaat lainnya... ke simbah gugel yah...

Bayam

Bayam yang dalam bahasa ilmiyahnya Amaranthus merupakan tanaman yang bisa tumbuh diberbagai iklim, selama kecukupan air tanah tempatnya tumbuh tetap terpenuhi.

Nah, tanaman ini sangat cocok sekali untuk ditanam pada saat musim hujan dan selalu menjadi salah satu alternatif yang banyak dipilih oleh para petani.

Dari sisi pasar, bayam sebagai salah satu dari sayuran paporit masyarakat indonesia, sehingga permintaan akan sayuran ini tidak pernah ada surutnya dipasaran.

Selain itu bayam memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, ini pula yang menjadi alasan mengapa bayam ini banyak dipilih sebagai sumber asupan gizi sehari-hari dikebanyakan masyaraka Indonesia.

Diantar manfaat bayam adalah untuk mengurangi peradangan karena kandungan antioksidannya memang sangat tinggi. berikut ini kami sampaikan manfaat bayam untuk kesehatan tubuh


  • Menjaga kesehatan mata
  • Menguatkan tulang, otot, dan sendi
  • Menurunkan berat badan
  • Meningkatkan kekebalan tubuh
  • Mengatasi sembelit
  • Melancarkan sistem pencernaan
  • Mencegas diabetes
  • Menurunkan tekanan darah tinggi
  • Mencegah tekanan darah rendah
  • Melancarkan sirkulasi darah
  • Mencegah terjadinya penyakit kardiovaskular
  • Menjaga kesehatan jantung
  • Mencegah anemia (kekurangan sel darah merah)
  • Menjaga kesehatan kulit
  • Meningkatkan kinerja otak dan saraf
  • Meredakan sakit gigi
  • Menangkal radikal bebas
  • Mendetoks racun dalam tubuh
  • Meningkatkan stamina dan sistem kekebalan tubuh
  • Mencegah pengapuran pada jaringan tubuh
  • Menjaga kesehatan ibu hamil beserta janinnya
  • Menjaga kesehatan gigi dan mulut
  • Mengatasi sakit maag
  • Menghilangkan jerawat (dijadikan masker bayam)
  • Mencegah penuaan dini
  • Baik bagi wanita yang tengan menstruasi
  • Mengurangi penumpukan kolesterol jahat
  • Meningkatkan daya ingat


B. Sayuran Buah Yang Cocok Ditanam Pada Saat Musim Hujan

Selain sayuran dari jenis dedaunan juga ada sayuran dari jenis buah-buahan yang juga bisa dijadikan pilihan sebagai tanaman yang bisa Anda tanam pada saat musim hujan tiba. Berikut ini jenis-jenis sayuran buah yang bisa Anda pilih untuk ditanam!

Pare atau Paria

Pare atau paria merupan sayuran dari jenis buah yang sangat terkenal dimasyarakat Indonesia. Rasanya yang khas yaitu pahit tapi banyak dipilih masyarakat karena diyakini banyak manfaat yang diberikan dari tanaman ini.

Peria bisa tumbuh didataran rendah, sedang bahkan didataran tinggi sekalipun dan sangat cocok menjadi pilihan untuk ditanam pada saat musim hujan tiba.

Tanaman ini merupakan tanaman dengan pohon yang merambat, sehingga seringkali tanaman ini sengaja ditanam di pagar pekarangan rumah.

Dari sisi ekonomi, peria masih merupakan sayuran buah yang banyak digandrungi oleh para pecinta kuliner dan keumuman masyarakat Indonesia.

Dibalik rasanya yang pahit ternyata peria ini memiliki banyak khasiat dan manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Berikut ini manfaat peria untuk tubuh kita!

  1. Baik untuk program menurunkan berat badan
  2. Mengontrol gula darah dan mencegah diabetes
  3. Membantu kerja ginjal lebih efektif
  4. Menghilangkan jerawat dan flek hitam 
  5. Menjaga kesehatan jantung
  6. Baik untuk penderita asma
  7. Mencegah perkembangan kanker di dalam tubuh

Selamat mencoba menanam peria bila ini menjadi pilihan menarik bagi Anda!

Buncis

Buncis atau dalam bahasa Belandanya boontjes merupakan tanaman sayuran buah yang tumbuh dilahan atau media yang harus memiliki kecukupan air.

Sayuran buncis juga tidak kalah mashurnya dengan peria dimasyarakat Indonesia, bahkan hampir diseluruh belahan dunia buncis memiliki tempat yang istimewa.

Permintaan pasar akan buncispun selalu tinggi, oleh karena itu tanaman ini menawarkan peluang yang lebar untuk dijadikan sebagai bisnis yang memberikan keuntungan yang lumayan bagi para petani.

Buncis merupakan salah satu sayuran yang kaya protein dan vitamin. Diantara sekian banyak manfaat yang dimilikinya adalah dapat membantu menurunkan tekanan darah serta menjadi pengontrol untuk metabolisme gula dalam darah. Disamping itu buncis sangat sesuai bagi mereka yang mengidap penyakit diabetes atau hipertensi.

Dibelahan dunia Eropa buncis merupakan sayuran yang sering dikonsumsi dengan tujuan untuk mengurangi berat badan atau diet alami.

Kacang Panjang

Kacang panjang adalah tumbuhan yang buahnya panjang dan merupakan keluarga besar dari jenis kacang-kacangan.

Tanaman yang sering dibuat sayur dan lalaban ini bisa tumbuh diberbagai dataran selama memiliki kandungan air yang cukup untuk memenuhi kebutuhan pertumbuhan dari tanaman ini.

Sehingga bisa menjadi salah satu alternatif tanaman yang bisa Anda urus pada saat musim hujan.

Dari sisi ekonomi, kacang panjang juga merupakan sayuran yang paling sering dipilih oleh para pecinta kuliner di Indonesia.

Banyak sekali para petani yang secara serius dan intens memilih kacang panjang sebagai komoditi utama untuk dijadikan pencaharian mereka.

Dari sisi manfaat, ternyata kacang panjang juga sering dijadikan bahan obat untuk anti kanker, anti bakteri, antivirus, antioksidan, gangguan saluran kencing, batu ginjal, mencegah kelainan antibodi, meningkatkan fungsi limpa, demam berdarah, beri-beri, sakit pinggang, kurang darah, rematik dan juga sering dikonsumsi guna menambah nafsu makan.


Itulah informasi seputar Tanaman Sayuran Yang Cocok Ditanam Pada Saat Musim Hujan yang bisa mimin bagikan pada kesempatan kali ini. Tiada tujuan yang mimin cari dari setiap postingan yang dibagikan selain dari pundi-pundi kebaikan yang bisa terus mengalir untuk diri dan orang lain.

Semoga bermanfaat dan sampai berjumpa kembali dalam postingan selanjutnya! Terimakasih

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar