ZESryUTn8eZmKhSM2TSJ9LZvZEviAo6M94zBnnZn

Setiap Traveler Rentan Terkena Influenza - AkuPaham


Hi.., al-hamdulillah kita bisa bersua lagi disini, semoga kita senantiasa diberi kesehatan Oleh Tuhan Yang Maha Esa. Dalam artikel ini akan membawa pembahasan tema tentang " Setiap Traveler Rentan Terkena Influenza - AkuPaham".

Mari kita jadikan membaca postingan hingga selesai!, agar informasinya bisa diserap dengan baik.
ayo kita pelajari selengkapnya...


AKUPAHAM.COM – Musim libur ada di tangan kita dan, bagi banyak orang, bepergian tetap merupakan cara yang populer untuk menghabiskan liburan.

Mereka yang berencana pergi ke luar negeri musim ini mungkin ingin mendapatkan suntikan flu sebelum naik ke pesawat.

Influenza, alias flu, umumnya dianggap sebagai penyakit ringan, tetapi gejalanya, seperti sakit tenggorokan, demam, dan sakit kepala, sebenarnya dapat merusak liburan kamu. Dalam kasus lain, virus influenza dapat menyebabkan penyakit parah, bahkan kematian.

Ada dua jenis influenza, yaitu flu musiman dan pandemi flu. Yang pertama terjadi dalam periode waktu tertentu selama musim dingin, yaitu antara Oktober dan April di negara-negara Belahan Bumi Utara, seperti Amerika Serikat dan Kanada; dan antara bulan April dan September di negara-negara Belahan Selatan, seperti Australia dan Selandia Baru.

Di Indonesia, virus dapat menyebar sepanjang tahun karena negara ini terletak di garis katulistiwa, tetapi prevalensinya sedikit meningkat selama musim hujan.

Sementara itu, pandemi influenza adalah virus yang menyebar secara global. Menurut data Organisasi Kesehatan Dunia yang dirilis pada 2017, hingga 650.000 kematian setiap tahun dikaitkan dengan penyakit pernapasan akibat influenza.

Kepala Yayasan Influenza Indonesia (IFF) Cissy B Kartasasmita mengatakan pada pertemuan media Hari Flu Dunia bulan lalu bahwa para traveler lebih rentan terhadap virus influenza karena mereka harus menghabiskan waktu dan berinteraksi dengan orang-orang dari tempat lain, termasuk para traveler dari lokasi di mana influenza umumnya ditemukan.

Sementara itu, Iris Rengganis, seorang ahli imunologi, mengatakan bahwa tempat-tempat seperti bandara dan ruang tunggu transit mengharuskan wisatawan untuk memiliki interaksi langsung dan tidak langsung satu sama lain.

Karena flu adalah penyakit pernapasan menular, virus dapat menyebar melalui udara begitu seseorang bersin, batuk, atau berbicara.

Karena itu, baik Cissy dan Iris merekomendasikan orang untuk divaksinasi sebelum bepergian.

Menurut situs web Kementerian Kesehatan Arab Saudi, para traveler yang tiba untuk haji atau umrah diharuskan divaksinasi terhadap influenza musiman.

Vaksinasi dianggap sangat penting bagi orang tua dan orang-orang dengan kondisi medis kronis, seperti mereka yang menderita penyakit jantung, hati atau hematologi, mereka yang mengidap HIV / AIDS atau mereka yang menerima kemoterapi atau menggunakan steroid.

Karena virus influenza terus bermutasi, Cissy menjelaskan bahwa WHO mengumpulkan data dari seluruh dunia untuk memprediksi jenis yang akan menjadi lebih dominan, yang memungkinkan perusahaan farmasi untuk menghasilkan vaksin yang tepat. Oleh karena itu, disarankan untuk mendapatkan vaksin influenza setahun sekali.

Berkenaan dengan mendapatkan vaksin influenza untuk traveler, Iris merekomendasikan untuk mengambil suntikan setidaknya dua minggu sebelum tanggal keberangkatan.

“Risiko infeksi telah menetap sejak kamu memulai perjalanan,” kata Iris, menjelaskan bahwa akan memakan waktu sekitar dua minggu untuk membangun konsentrasi antibodi.

Namun demikian, vaksin tidak dapat sepenuhnya melindungi traveler dari virus influenza. Berdasarkan pengalamannya dengan peserta haji, Iris mengatakan mereka yang telah divaksinasi masih terinfeksi, tetapi sangat ringan.

Iris menambahkan bahwa vaksin itu bisa efektif hingga 95 persen bagi mereka yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik.

Ketika ditanya tentang harganya, Iris mengatakan bahwa biaya vaksin influenza sekitar Rp 200.000 (US $ 14,27) di Rumah Sakit Umum Cipto Mangunkusumo milik pemerintah (RSCM) di Jakarta Pusat. Namun, harga dapat bervariasi tergantung pada rumah sakit.

Sumber: The Jakarta Post

Oke, itulah  pembahasan mengenai "Traveler Rentan Terkena Influenza - AkuPaham". semoga tulisan ini bisa berfaedah bagi Kamu semua.

Jangan lewatkan postingan selanjutnya dari blog ini, terima kasih

Artikel ini sudah tayang di : https://www.akupaham.com/traveler-rentan-terkena-influenza/
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar