ZESryUTn8eZmKhSM2TSJ9LZvZEviAo6M94zBnnZn

5 Tips Diet Sehat Saat Tahun Baru Tiba

Hallo.., al-hamdulillah kita bisa bersua lagi disini, semoga kita senantiasa diberi kesehatan Oleh Tuhan Yang Maha Esa. Dalam artikel ini akan dibahas tema tentang " 5 Tips Diet Sehat Saat Tahun Baru Tiba".

Ayo kita jadikan memahami artikel samapa selesai!, agar ilmunya bisa diserap secara baik.
yuk kita kaji selengkapnya...

AKUPAHAM.COM – Apa pun Resolusi Tahun Baru kamu, diet sehat dan seimbang akan memberikan banyak manfaat hingga 2020 dan seterusnya.

Apa yang kita makan dan minum dapat memengaruhi kemampuan tubuh kita untuk melawan infeksi, serta seberapa besar kemungkinan kita mengontrol masalah kesehatan di kemudian hari, termasuk obesitas, penyakit jantung, diabetes, dan berbagai jenis kanker.

Bahan-bahan yang tepat dari diet sehat akan tergantung pada faktor-faktor yang berbeda seperti berapa usia dan seberapa aktif kita, serta jenis makanan yang tersedia di masyarakat tempat kita tinggal.

Namun, ada beberapa tips makanan umum untuk membantu kita menjalani hidup yang lebih sehat dan lebih lama.

Makan Makanan yang Beragam

Tubuh kita sangat kompleks, dan (dengan pengecualian ASI untuk bayi) tidak ada makanan tunggal yang mengandung semua nutrisi yang kita butuhkan agar mereka bekerja sebaik mungkin.

Karena itu, diet sehat harus mengandung beragam makanan segar dan bergizi agar kita tetap kuat.
Beberapa tips untuk memastikan diet sehat:
  • Dalam diet sehat harian kamu, cobalah makan campuran makanan pokok seperti gandum, jagung, nasi dan kentang dengan kacang-kacangan seperti lentil dan kacang-kacangan, banyak buah dan sayuran segar, dan makanan dari sumber hewani (misalnya daging, ikan, telur, dan susu). ).
  • Pilih makanan serealia utuh seperti jagung, millet, gandum, dan beras merah yang belum diolah bila Anda bisa; mereka kaya akan serat yang berharga dan dapat membantu kamu merasa kenyang lebih lama.
  • Untuk camilan, pilihlah sayuran mentah, kacang tawar dan buah segar, daripada makanan yang tinggi gula, lemak, atau garam.

Kurangi Garam




Sumber Foto: pixabay.com
Terlalu banyak garam dapat meningkatkan tekanan darah, yang merupakan faktor risiko utama untuk penyakit jantung dan stroke. Sebagian besar orang di dunia makan terlalu banyak garam: rata-rata, kita mengonsumsi dua kali lipat batas yang direkomendasikan WHO yaitu 5 gram (setara dengan satu sendok teh) sehari.

Bahkan jika kita tidak menambahkan garam tambahan dalam makanan kita, kita harus sadar bahwa garam itu biasanya dimasukkan ke dalam makanan atau minuman olahan, dan seringkali dalam jumlah tinggi.

Beberapa tips diet sehat untuk mengurangi asupan garam:
  • Saat memasak dan menyiapkan makanan, gunakan garam secukupnya dan kurangi penggunaan saus dan bumbu asin (seperti kecap, kaldu atau saus ikan).
  • Hindari camilan yang mengandung banyak garam, dan cobalah dan pilih camilan sehat segar daripada makanan olahan.
  • Saat menggunakan sayuran kaleng atau kering, kacang-kacangan dan buah-buahan, pilih varietas tanpa garam dan gula tambahan.
  • Buang garam dan bumbu asin dari meja dan coba dan hindari menambahkannya karena kebiasaan; lidah kita dapat dengan cepat menyesuaikan dan begitu mereka melakukannya, kamu cenderung menikmati makanan dengan sedikit garam, tetapi lebih banyak rasa!
  • Periksa label pada makanan dan cari produk dengan kandungan natrium yang lebih rendah.

Kurangi Konsumsi Lemak dan Minyak Tertentu

5 Tips Diet Sehat Saat Tahun Baru Tiba

Kita semua membutuhkan lemak dalam makanan kita, tetapi makan terlalu banyak – terutama yang salah – meningkatkan risiko obesitas, penyakit jantung, dan stroke.

Lemak trans yang diproduksi oleh industri adalah yang paling berbahaya bagi kesehatan.

Diet tinggi lemak semacam ini telah ditemukan meningkatkan risiko penyakit jantung hingga hampir 30%.

Beberapa tips diet sehat untuk mengurangi konsumsi lemak:
  • Ganti mentega, lemak babi, dan ghee dengan minyak sehat seperti kedelai, kanola (rapeseed), jagung, safflower, dan bunga matahari.
  • Pilih daging putih seperti unggas dan ikan yang umumnya lebih rendah lemak daripada daging merah, potong daging yang terlihat lemak dan batasi konsumsi daging olahan.
  • Cobalah mengukus atau merebus daripada menggoreng makanan saat memasak.
  • Periksa label dan selalu hindari semua makanan olahan, cepat saji yang mengandung lemak trans yang diproduksi industri. Hal ini sering ditemukan di margarin dan ghee, serta makanan ringan, dan makanan cepat saji.

Batasi Asupan Gula




Sumber Foto: pixabay.com
Terlalu banyak gula tidak hanya buruk bagi gigi kita, tetapi meningkatkan risiko kenaikan berat badan dan obesitas yang tidak sehat, yang dapat menyebabkan masalah kesehatan kronis yang serius.

Seperti halnya garam, penting untuk mencatat jumlah gula “tersembunyi” yang bisa ada dalam makanan dan minuman olahan. Misalnya, satu kaleng soda dapat mengandung hingga 10 sendok teh gula tambahan!

Beberapa tips diet sehat untuk mengurangi asupan gula:
  • Batasi asupan permen dan minuman manis seperti minuman bersoda, jus buah dan minuman jus, konsentrat cair dan bubuk, air rasa, minuman energi dan olahraga, teh dan kopi siap minum, dan minuman susu rasa.
  • Pilih camilan segar yang sehat daripada makanan olahan.
  • Hindari memberikan makanan manis kepada anak-anak. Garam dan gula tidak boleh ditambahkan ke makanan pendamping yang diberikan kepada anak di bawah usia 2 tahun, dan harus dibatasi di luar usia itu.

Hindari Konsumsi Alkohol yang Berlebihan




Sumber Foto: pixabay.com
Alkohol bukan bagian dari diet sehat, tetapi di banyak budaya perayaan Tahun Baru dikaitkan dengan konsumsi alkohol yang berlebihan. Secara keseluruhan, minum terlalu banyak, atau terlalu sering, meningkatkan risiko cedera, serta menyebabkan efek jangka panjang seperti kerusakan hati, kanker, penyakit jantung, dan penyakit mental.

WHO menyarankan bahwa tidak ada tingkat konsumsi alkohol yang aman; dan bagi banyak orang bahkan penggunaan alkohol dalam kadar rendah masih dapat dikaitkan dengan risiko kesehatan yang signifikan.
  • Ingat, konsumsi alkohol yang lebih sedikit selalu lebih baik untuk kesehatan dan sangat baik untuk tidak minum.
  • Kamu tidak boleh minum alkohol sama sekali jika: hamil atau menyusui; mengemudi, mengoperasikan mesin atau melakukan kegiatan lain yang melibatkan risiko terkait; Kamu memiliki masalah kesehatan yang dapat diperburuk oleh alkohol; Kamu minum obat yang berinteraksi langsung dengan alkohol; atau kamu mengalami kesulitan dalam mengontrol asupan minum.
  • Jika kamu atau orang yang kamu cintai mungkin memiliki masalah dengan alkohol atau zat psikoaktif lainnya, jangan takut untuk mencari bantuan dari petugas kesehatan atau spesialis obat-obatan dan layanan alkohol. WHO juga telah mengembangkan panduan swadaya untuk memberikan panduan kepada orang yang ingin mengurangi atau menghentikan penggunaan alkohol.
Sumber: WHO

Baiklah, itulah  informasi tentang "5 Tips Diet Sehat Saat Tahun Baru Tiba". semoga artikel ini bisa menambah wawasan buat Kamu semua.

Jangan lewatkan postingan selanjutnya dari blog ini, salam

Artikel ini sudah tayang di : https://www.akupaham.com/tips-diet-sehat-tahun-baru/

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar