ZESryUTn8eZmKhSM2TSJ9LZvZEviAo6M94zBnnZn

Tahapan Dasar Belajar Internet Marketing Untuk Pemula

Tahapan Dasar Belajar Internet Marketing Untuk Pemula - Perubahan internet yang demikian cepat sekarang ini dapat membawa banyak keuntungan dalam beberapa bagian kehidupan.

Hampir kebanyakan orang sekarang ini tergantung pada tehnologi yang lebih mempermudah, bahkan juga saat ini orang telah mulai berpindah dari berbelanja off line jadi berbelanja on-line.

Internet Marketing atau pemasaran lewat internet merupakan salah satunya pengetahuan harus yang perlu dipunyai terpenting buat Anda yang akan berjualan dengan skema on-line.

Tahapan Dasar Belajar Internet Marketing Untuk Pemula

Menjadi internet marketer yang andal memang tidak gampang, diperlukan pengalaman serta proses yang cukuplah panjang. Akan tetapi, bila tahu langkah belajar internet marketing, Anda tidak memerlukan waktu yang lama untuk dapat jadi internet marketer yang andal.

Ada banyak permasalahan yang seringkali dihadapi internet marketer pemula seperti memastikan produk yang akan di jual, tidak paham langkah penelitian pesaing yang benar, serta tidak paham langkah marketing yang baik. Berikut ini merupakan beberapa langkah yang perlu dikerjakan dalam pelajari internet marketing.

Tahapan Dasar Belajar Internet Marketing Untuk Pemula


Penelitian Produk 
Dalam internet marketing, penelitian produk merupakan kunci utamanya. Yang dibicarakan dalam usaha on-line merupakan kemauan pasar, bukan kemauan Anda semata-mata. Menjadi, bila Anda jual produk yang tengah trend serta diperlukan beberapa orang, karena itu kemungkinan besar Anda akan memperoleh keuntungan yang besar.

Untuk langkah penelitian produk, langkah yang termudah merupakan lihat di marketplace besar di Indonesia manakah saja produk sebagai best sellernya. Langkah lainnya yang dapat Anda kerjakan untuk penelitian produk merupakan memakai Google Trends. Penjelasan langkah risetnya adalah sebagai berikut:
  1. Coba mulai dengan buka Google Trends, serta yakinkan Anda telah login ke account gmail. 
  2. Lalu pada kotak penelusuran, coba masukan keyword produk. Contohnya Anda ingin berjualan sepatu sneakers, karena itu masukan keyword “sepatu sneakers” serta tekan enter. 
  3. Sesudah tuntas, Anda akan lihat grafik seperti berikut ini hasil dari keyword “sepatu sneakers”. 
  4. Silahkan perhatikan grafiknya, bila grafik penelusuran itu konstan bermakna produk itu penelusuran tiap-tiap bulannya konstan, tapi bila grafik pencariannya alami penurunan, lebih baik mencari produk yang lain yang lebih berpotensial untuk dijual. 
Penelitian Persaingan 
Sesudah produk didapat, langkah setelah itu lakukan penelitian pertarungan yang berada di pasar untuk tahu siapapun kompetitor yang akan Anda hadapi kelak. Dari penelitian ini nanti Anda akan memperoleh deskripsi pada lawan usaha, hingga sekurang-kurangnya Anda dapat mengimbanginya atau memenangi pertarungan usaha.

Langkah paling mudah lakukan penelitian pertarungan usaha yaitu dengan lihat produk yang akan Anda jual di marketplace.

Untuk pemilihan harga, Anda dapat memakai skema Leader Pricing yakni memastikan harga lebih rendah dari harga market dengan keuntungan yang minim supaya beberapa customer dapat beralih ke produk yang Anda jual. Langkah tersebut dapat tingkatkan omzet penjualan, hingga Anda akan memperoleh keuntungan yang besar.

Marketing 
Tahap yang paling akhir merupakan marketing. Terdapat beberapa pilihan taktik marketing yang dapat Anda pakai untuk pasarkan produk yang Anda punya. Mari kita perjelas lagi :

a. Facebook Marketing 
Facebook jadi media sosial yang mempunyai pemakai aktif paling banyak didunia sekarang ini. Tidak heran jika Facebook jadi tempat marketing produk sangat menjanjikan. Anda dapat membuat Facebook Fans Page yang berisi content menarik supaya bisa meningkatkan branding serta awareness pada usaha, hingga omzet penjualan dapat turut bertambah.

Langkah yang lain, Anda dapat memakai Facebook Ads untuk beriklan, dimana Anda dapat juga memastikan tujuan market sama dengan produk yang Anda jual.

b. Youtube Marketing 
Saat ini Youtube jadi website share video yang sangat banyak didatangi. Ditambah dengan ramainya paket Internet murah, jadikan Youtube mempunyai banyak pengunjung sehari-harinya. Anda cuma butuh membuat channel berisi video penjelasan produk Anda, lalu unggah ke Youtube.

Untuk meningkatkan viewers, Anda dapat lakukan sharing ke beberapa media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, WhatsApp, Line, Google Plus, dan lain-lain.

c. Web Marketing 
Web adalah media yang sangat efisien untuk menggerakkan taktik marketing dengan on-line. Dari bagian penjualan dapat lebih bertambah serta dapat menaikan brand usaha yang Anda punya. Karenanya ada web, customer bisa lihat semua produk yang Anda punya serta lihat kualitas dari brand apa dibikin dengan sembarangan atau dengan profesional.

d. SEO
SEO adalah tehnik marketing dimana web yang Anda punya dapat tempati tempat paling atas dari halaman penelusuran di Internet, hingga pengunjung yang hadir dapat semakin banyak. Ada tiga komponen terpenting yang utama dalam SEO yakni penelitian kata kunci (keyword), on page, serta off page optimization.

e. Konten Marketing 
Konten is king. Anda tak perlu memakai langkah tradisionil dengan lakukan iklan dengan terang-terangan.

Bila Anda tengah lihat tv lalu lihat iklan tentunya Anda akan kurang senang lalu mengantinya ke aliran tv yang lainnya, begitupun didunia internet marketing, orang akan geser ke web lainnya bila temukan iklan dengan terang-terangan. Jalan keluarnya yakni dengan konten marketing.

Dengan konten marketing, Anda akan tidak langsung jual dari produk yang Anda punya, tapi jual nilai faedah serta manfaat dari produk yang dipunyai dengan diberikan berbentuk artikel, audio, video, serta presentasi.

Demikian bahasan tentang panduan beberapa langkah belajar internet marketing untuk pemula yang dapat Anda buat jadi referensi. Dengan memakai taktik yang pas, karena itu keuntungan yang didapatkan akan bertambah.

Sesudah proses marketing berjalan dengan baik, Anda harus juga mulai lakukan pengelolaan keuangan dengan baik.

Dengan taktik marketing yang baik serta pengelolaan keuangan yang baik karena itu usaha akan makin berkembang. Jurnal merupakan software akuntansi on-line yang mempermudah Anda dalam mengurus permasalahan keuangan usaha Anda.

Dengan memakai Jurnal, Anda dapat lakukan pencatatan, penelusuran, serta penyimpanan data keuangan dimana juga serta kapanpun. Untuk info mengenai feature yang lain silahkan Anda datangi Jurnal.id serta temukan free trial 14 hari untuk pemakai baru.


Related Posts

Related Posts

Posting Komentar