ZESryUTn8eZmKhSM2TSJ9LZvZEviAo6M94zBnnZn

4 Bahan Alami Untuk Mengatasi Gatal Pada Kulit

4 Bahan Alami Untuk Mengatasi Gatal Pada Kulit - Setiap pergantian musim, terutama dari musim kemarau ke musim penghujan sering kali menyebabkan banyak orang mengalami alergi dan berdampak pada rasa gatal yang dikulit. Tentu saja yang jadi masalah adalah rasa gatal itu sering menjadi gangguan ketika menjalankan akrifitas bahkan mengganggu ketika istirahat tidur

Kulit gatal bisa disebabkn oleh banyak hal seperti reaksi alergi, gigitan serangga, atau kondisi kulit seperti eksim dan psoriasis. Anda bisa melindungi diri Anda dari rasa gatal dgn bhan-bhan alami di rumah. Berikut beberapa bhan alami yg dptdigunkn utk mngtasi kulit gatal.

Berbagai pilihan dari bahan alami utk mngtasi kulit gatal berikut ini bisa Anda coba;

1. Lidah buaya
Lidah buaya bahan alami untuk mengatasi gatal

Lidah buaya dikenal memiliki segudang manfaat, salah satunya adalah utk meredakn iritasi dan kulit gatal. Gel lidah buaya bisa langsung Anda oleskn ke kulit yg iritasi dan gatal.

Iritasi dan kulit gatal jga bisa disebabkn oleh kulit yg kering. Lidah buaya dptmmbntu mngtasi hal ini, dgn menjaga kelembaban dan kekenyalan kulit Anda kerana lidah buaya mngdung air yg sangat tinggi. Lidah buaya jga memiliki sifat antimikroba yg dpt mencegah berkembang iritasi menjadi infeksi.

Disamping itu, lidah buaya mmbntu menumbuhkan pertumbuhan sel sehingga kulit yg iritasi akn lebih cepat sembuh dan meninggalkn bekas luka yg hanya sedikit saja.

Tanaman herbal ini jga bertindak sbgai antiradang alami yg mmbntu mengurangi kemerahan, radang, dan nyeri yg berhubungan dgn iritasi kulit.

Terkadang kulit gatal jga disertai dgn rasa nyeri. Lidah buaya memiliki sifat penenang yg dptmngtasi kulit gatal.

2. Cuka apel
cuka apel bahab alami untuk mengatasi gatal

Cuka apel dpt mngtasi kulit gatal kerana iritasi kulit akibat reaksi alergi. Anda bisa menerapkn satu sendok teh cuka apel ke kulit yg gatal. Anda jga dpt menggunakn kompres kapas rendaman cuka apel utk mngtasi kulit gatal.

Sifat antiseptik dan antifungi pada cuka apel jga dpt mmbntu meringankn infeksi kulit. Disamping itu, cuka apel jga dpt mmbntu mengurangi kulit kering, yg dpt menyebabkn iritasi.

3. Centella asiatica

Centella asiatic  atau di Indonesia dikenal dgn pegagan adalah tanaman herbal yg digunakn utk mengobati luka ringan. Tanaman herbal ini mngdung bhan kimia triterpenoid yg berguna utk mempercepat penyembuhan luka, meningkatkn antioksidan di kulit yg iritasi, memperkuat kulit dan meningkatkn aliran darah ke area kulit yg terluka.

Disamping itu, kndungan asiaticoside dan madecassoside pada Centella asiatic jga mampu meningkatkn produksi kolagen yg dpt mempercepat proses penyembuhan kulit yg iritasi. Jga, dptmemudarkn bekasnya dgn lebih cepat.

4. Minyak kelapa

Minyak kelapa dipercaya dptmengobati berbagai masalah kulit seperti kulit gatal, jerawat, psoriasis, dan eksim. Kndungan protein pada minyak kelapa dptmmbntu proses regenerasi sel-sel kulit, yg berarti dptmmbntu memperbaiki kulit yg rusak sehingga dptmencegah terjadinya masalah kulit seperti iritasi.

Disamping itu, minyak kelapa jga efektif digunakn sbgai pelembap kulit, terutama utk orang yg kulitnya cenderung kering.

Itulah 4 bahan alami untuk mengatasi rasa gatal pada kulit yang bisa Anda coba praktekan. Pentingnya bahan-bahan alami untuk pengobatan adalah aman dari efek samping yang merugikan dan yang dapat memunculkan masalah baru pada kesehatan. Semoga bermanfaat.

Artikel terkait;
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar