ZESryUTn8eZmKhSM2TSJ9LZvZEviAo6M94zBnnZn

Pembuatan Tandon Air Solusi Pengairan di Musim Kemarau


Assalamu'alaikum, Bersua lagi disini, semoga kita semua senantiasa diberi kesehatan dan keberkahan hidup, baik lahir maupun batin. Ok, pada artikel kali ini akan membawa pembahasan kategori  mengenai Pertanian, Pembuatan Tandon Air Solusi Pengairan di Musim Kemarau, Mari kita simak isi selengkapnya...!



Pembuatan Tandon Air Solusi Pengairan di Musim Kemarau

Musim kemarau identik dengan kurangnya pasokan air, hal ini sangat dirasakan oleh sebagian petani jika wilayahnya sangat sulit untuk mendapatkan sumber air.

Kekeringan dikarenakan kemarau semenjak mei 2019 ini sangat dirasakan oleh petani di berbagai daerah, salah satunya para petani di alun-alun Slinga Kecamatan Kaligondang, Kabupaten Purbalingga Jawa Tengah.

Sebenarnya di alun-alun ini terdapat bendung Slinga yang becus membasahi luas wilayah persawahan. Akan tetapi wilayah yang menjadi tempat adanya bendungan tersebut justru sangat minim dengan ketersediaan air, sebab air dari bendungan tersebut cuma boleh membasahi wilayah yang berada di bagian bawah bendungan saja.

Akan tetapi dengan keterbatasan sumber air justru membuat salah satu petani muda di alun-alun slinga mempunyai ide kreatif dengan membuat tandon - tandon air di sekitar lahan pertanianya.

Air tersebut didapat dari aliran sungai kecil yang ada di bawahnya, dengan cara di bendung dan diangkat dengan cara disedot dengan alat perkakas pompa penyedot air.

Jelas disini biaya semakin bertambah untuk operasional, akan tetapi jika tidak dengan cara tersebut, maka akan sia - sia lahan yang sudah di olah sebelumnya tanpa da tanaman di lahan tersebut.

tandon air tersebut sangat membantu sebagai pasokan air untuk penyiraman rutin dan penyepraian pesnab maupun pupuk cair.

Bak atau tandon air dibuat dari alas plastik mulsa atau palstik UV yang kedap air, sehingga kolam - kolam penampungan air ini bisa terus terisi air, proses pengisian tandon dilakukan setiap satu minggu sekali.

Sekian detil tentang Pembuatan Tandon Air Solusi Pengairan di Musim Kemarau mudah-mudahan artikel ini bermanfaat buat kita bersama. Terimakasih atas kunjungannya dan wassalamu'alaikum.

Artikel ini telah diposting di : https://www.wongtani.net/2019/08/pembuatan-tandon-air-solusi-pertanian-dimusim-kemarau.html
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar