ZESryUTn8eZmKhSM2TSJ9LZvZEviAo6M94zBnnZn

Membuat Artikel Seo Friendly, Ikuti Langkah Penulisannya!

Membuat Artikel Seo Friendly, Ikuti Langkah Penulisannya!Jika Anda saat ini sebagai blogger pemula dan mencara info mengenai cara Membuat Artikel Seo Friendly, Ikuti Langkah-Langkah Pembuatannya dalam postingan kali ini.

Kemampuan menulis sangat relatif , bisa jadi merupakan hal yang sangat enteng bagi sebagian orang dan merupakan pekerjaan yang sangat susah bagi sebagian yang lain.

Apa lagi jika yang menjadi syarat adalah harus menulis artikel yang SEO friendly. Betul bukan?

Nah, kebetulan sekali.

Panduan cara menulis artikel SEO friendly pada kesempatan kali ini dijamin akan memudahkan kamu menulis artikel sesuai standar google. Asal yakin dan mau berjuang dengan maksimal.

Jadi dengan standar yang benar, maka artikel kamu akan mudah di index oleh mesin pencari google, bahkan bisa tetap enak dibaca oleh manusia.

Tahu kenapa?. saat ini banyak bertebaran kata kunci artikel yang hebat di mesin pencari, tapi tidak menarik dimata pembacanya.

Sehingga kendati menurut search engine google bagus, tetapi karena kurang enak dibaca oleh mata, maka akhirnya seiring waktu berlalu konten artikel itu menjadi rendah di mesin google, karena orang enggan untuk kembali ke artikelnya.

Intinya, bagus itu harus diutamakan yang menurut ukuran mata manusia, baru kemudian bagus dengan ukuran mesin pencari google.

Disini kita akan dominan dulu pada bagus menurut mesin telusur google, dan sebagian kecilnya bagus menurut ukuran mata manusia.

Langkah-langkah Membuat Artikel SEO Friendly

  1. Menyiapkan Judul
  2. URL (Uniform Resource Locator)
  3. Kendalikan Jumlah Keyword/Keyword Density
  4. Penempatan Kata Kunci (Keyword)
  5. Keyword Turunan dan Sinonim
  6. Paragraf dan Kalimat

Menyiapkan Judul

Langkah pertama untuk membuat artikel yang seo friendly adalah menyiapkan Site Title / Judul.

Judul merupakan salah satu elemen yang sangat penting untuk menempatkan artikel sesuai dengan kategori seo friendly.

Dengan berhasil masuk ke syarat kategori seo, maka sebuah artikel atau tulisan yang kita buat dapat melenggang dengan ranking paling baik dan bagus di mesin pencari google.

Jadi, apabila judulnya sudah keliru, maka artikel yang bagus bakal jadi sia-sia karena akan dilewati oleh mesin telusur google, bahkan mata manusia yang melihatnya.

Dengan kata lain, judul adalah pesona yang menjadi daya tarik yang mengundang mata manusia tergoda untuk melakukan klik ke artikel kita.

Untuk itulah kita harus banyak belajar agar bisa memahami dan mengerti bagaimana cara menulis judul yang bagus. Bagus dimesin telusur, bagus pula dimata manusia.

Inilah salah satu elemen yang sangat fundamental dalam menulis artikel SEO

Kunci utama dalam penulisan judul artikel adalah kata kunci yang dimasukan ke dalam judul artikel tersebut.

Kata kunci ini bisa diposisikan secara berurutan dalam judul atau terpisahkan. Ini tergantung situasi dan kondisi judul yang ingin dibuat. Judul panjangkah atau judul pendekkah?

Untuk menggambarkan kata kunci terpisah dan berurutan, berikut saya akan mencontohkan kata kunci utama dalam sebuah artikel yang saya tulis. Kata kuncinya adalah "Jual Tape Bandung"

Untuk kata kunci tersebut saya bisa menuliskannya dengan 2 cara yaitu;

"Jual tape bandung manis dan murah" ; ini untuk kata kunci yang berurutan dalam judul artikel.

atau "Jual tape manis dan murah di bandung" ; ini untuk kata kuci yang tepisah dalam sebuah judul artikel.

Kedua judul tersebut sangat bagus untuk seo, karena mesin telusur google akan mampu membaca kata kunci utama pada masing-masing judul tersebut.

Kendati sangat diakui oleh para ahli seo, bahwa bila harus dibandingkan, maka yang paling dikedepankan oleh mesint telusur adalah kata kunci yang berurutan.

Mau manapun yang akan Anda pakai, intinya sangat bergantung pada situasi dan kondisi, atau dalam bahasa lainnya adalah sesuai kebutuhan saja.

Sampai disini, saya yakin Anda sudah bisa mengambil gambaran mengenai penulisan judul artikel yang sesuai dengan standar SEO.

Selebihnya silahkan bereksperimen sendiri.

URL (Uniform Resource Locator)

Biasanya blogger pemula akan menanyakan; Apa sii url itu? 😏.. Ok, mimin jawab dulu pertanyaan pundamental ini ya! 😁😁😁😁 ilmu dari embah wikipedia juga sih...!wkwkwk

URL (Uniform Resource Locator) atau yang dikenal dengan istilah Lokator Sumber Seragam (LSS) merupakan rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di Internet
Sederhananya url itu adalah alamat untuk artikel yang telah kita posting. perhatikan contoh alamat url untuk artikel yang sedang Anda baca ini;

https://cumabumbu.blogspot.com/2019/12/membuat-artikel-seo-friendly-ikuti.html

Menuliskan kata kunci pada url adalah cara yang tepat untuk menjadikan artikel Anda ramah mesin telusur google. Url diatas sengaja tidak ditulis selengkap judulnya dan dibiarkan terpotong sesui dengan slug otomatis didashboard blogger ini.

Tujuan mimin dengan url diatas lebih pada kepentingan asal kata kunci yang mimin inginkan mucul semua di url.

Namun, bisa juga url diatas itu dimaksimalkan sesuai dengan judul untuk artikel ini, sehingga terlihat lebih rapi dan jelas.

Bila dirapikan maka url diatas penampakannya menjadi seperti berikut!
https://cumabumbu.blogspot.com/2019/12/membuat-artikel-seo-friendly-ikuti-langkah-penulisan.html

Slug / url yang tepat yaitu url yang di dalamnya mengandung kata kunci yang ditulis dalam judul artikel.

Penulisannya bisa full kata kunci atau hanya sebagiannya jika memang kata kunci itu akan terlalu panjang bila ditulis semua.

Itulah yang dimaksud memasukan kata kunci ke dalam url sesuai kebutuhan.

Intinya URL yang kita tulis itu harus mencerminkan isi dari artikel yang kita buat.

Itulah yang akan menjadikan artikel semakin kuat di mata mesin telusur google dan semakin mempesona dimata para pengunjung yang membaca artikel kita.

Kendalikan Jumlah Keyword/Keyword Density

Selanjutnya yang penting diperhatikan adalah jumlah kata kunci dalam artikel yang kita buat.

Memang sampai saat ini mimin pun belum begitu paham mengenai jumlah ideal dari kata kunci yang harus ada didalam sebuah artikel.

Tetapi intinya jumlah kata kunci ini merupakan bagian penting yang harus diperhitungkan agar kualitas artikel kita masuk pada indikator SEO Friendly.

Namun, dari berbagai sumber yang telah mimin kaji, bahwa kata kunci yang pas yang dimasukan ke dalam sebuah artikel jangan terlalu sedikit, jangan pula terlalu banyak.

Jadi jangan asal memasukan kata kunci tanpa menghitung jumlahnya.

Kebanyakan kata kunci bisa spam oleh mesin telusur google.

Begitu pula sebaliknya, bila terlalu sedikit kata kuncinya, ini juga bisa diabaikan oleh mesin telusur google.

Akibatnya artikel kita akan berpotensi kehilangan pengunjung, karena posisinya susah naik dilist pencarian google dan menjadi susah ditemukan pengunjugnya.

Bahkan kemungkinan buruknya artikel yang telah dibuat itu malah tidak diindex sama sekali oleh mesin telusur google. Inilah yang namanya kesia-siaan.

Lalu, bagaimana cara menghitung jumlah kata kunci yang pas dalam sebuah artikel?

Menurut para ahli atau mereka yang mimin anggap sudah berpengalaman dalam dunia penulisan artikel untuk web, rata-rata menyampaikan bahwa jumlah keyword yang ideal adalah 0,75 sampai 2 persen pada setiap artikel.

Tetapi biasanya yang paling sering digunakan jumlah kata kunci dalam sebuah artikel itu adalah 1 sampai 1,5 persen.

Dengan perhitungan jumlah itu akan membuat artikel akan mudah naik posisi di mesin telusur google serta enak dibaca karena tidak terlalu banyak kata kunci yang dipaksakan dan tidak pula terlalu kehilangan inti dari substansinya.

Penempatan Kata Kunci (Keyword)

Selanjutnya hal yang tidak kalah pentingnya dalam menulis artikel SEO friendly adalah tentang ketepatan dalam penempatan kata kunci (keyword).

Kendati terlihat agak sepele, namun penempatan kata kunci secara tepat ini sangat penting dilakukan.

Kenapa?...

Karena itu akan menentukan apakah artikel yang dibuat itu ramah di mesin telusur google serta enak dibaca oleh mata manusia, atau tidak?!.

Seperti apa penempatan kata kunci yang tepat dan bagus itu?

Menempatkan kata kunci (Keyword) yang bagus ialah menyebar penempatannya secara merata di keseluruhan artikel.

Jangan sampai menumpukan kata kunci yang ditargetkan hanya di satu tempat saja.

Seperti hanya pada awal artikel ataupun akhir artikel saja, dari sisi pandangan matapun bisa menjadikan artikel terkesan Rancu.

Oleh karena itu, tempatkanlah kata kunci secara merata dari mulai paragraf pertama sampai paragraf terakhir.

Tapi, bukan pula diartikan wajib menempatkan kata kunci disetiap paragrap.

Sesuaikan saja dengan kebutuhan pemaknaan atau substansi dari paragrap tersebut, bila memang tidak perlu menempatkan kata kunci dalam sebuah paragrap, ya jangan dipaksakan.

Intinya, tempatkanlah kata kunci diparagrap pertama dan lebih bagus lagi bila kata kunci tersebut ada diawal kalimat.

Kemudian di tengah artikel dan diakhir paragrap dari sebuah artikel akan semakin bagus dimata mesin telusur google.

Itulah cara menempatkan kata kunci agar postingan kita menjadi artikel yang seo friendly serta membuat pembaca betah menelaah artikel kita sampai habis.

Keyword Turunan dan Sinonim

Selanjutnya salah satu jurus membuat artikel seo friendly yang berkualitas adalah dengan memasukan kata kunci turunan dan sinonim dari kata kunci utama.

Dengan kata lain kata kuci turunan ini adalah kata yang ada hubungannya dengan kata kuci utama.

Umpamanya kita membidik kata kunci "Jual Peuyeum Bandung" maka kata kunci turunannya menjadi "Jual Peuyeum Manis Di Bandung" dan seterusnya.

Hal itu dimaksudkan agar kata kunci utama bisa lebih jelas eksistensinya di artikel yang kita buat. Bahkan secara perhitungan makna akan memberikan kejelasan inti yang ingin disampaikan dalam kalimat kepada para pembaca artikel kita.

Sinonim kata kunci bisa disebarkan di beberapa paragrap yang ada diartikel kita, sehingga ini bisa semakin menguatkan kata kunci utama dan menghindari penumpukan kata kunci utama dalam satu paragrap yang sama.

Terkadang sinonim juga merupakan bagian dari kata kunci turunan yang sering dipakai untuk menguatkan substansi artikel.

selain itu sinonim dijadikan alternatif untuk mengganti kata kunci utama yang dibidik, namun sudah dimiliki oleh orang lain.

Paragraf dan Kalimat

Cara penulisan artikel seo friendly selanjutnya adalah dengan memperhitungkan jumlah kata dalam satu paragrap.

Paragrap dan kalimat ini lebih memperhitungkan mata para pembaca artikel. Mungkin kita bisa mengukur diri kita sendiri ketika membaca artikel dalam sebuah web.

Jujur, mimin sendiri lebih senang dan sering menyelesaikan membaca artikel yang memiliki paragrap yang tidak terlalu panjang.

Efeknya kepada mata pun tidak cepat membuat lelah, karena seakan ada refresh pada mata ketika berpindah paragraf.

Lebih cepet pindah paragrap sama halnya lebih cepat merefreh mata dan siap-siap memulai yang baru.

Namun, menurut para ahli menyatakan; bahwa paragrap yang baik adalah yang terdiri dari 3-5 baris dengan ukuran kalimat harus kurang dari 20 kata.

Disamping itu, paragrap yang singkat dengan kalimat yang pendek, lebih membuat penasaran pembacanya untuk menyelesaikan bacaannya hingga akhir kalimat dalam paragrap itu.

Bagian ini memang bukan bagian yang telalu penting dalam penulisan artikel seo friendly, sehingga banyak dilupakan oleh para penulis artikel.

Catatan yang penting diingat, bahwa artikel untuk web, sangat berbeda dengan artikel untuk buku atau yang lainnya. Artikel untuk web 100% Anda sendiri yang menentukan aturannya.

Jadi lupakanlah aturan-aturan baku didunia nyata itu.

Sebenarnya masih ada hal lain yang tidak kalah penting untuk memahaminya agar kemampuan menulis artikel seo friendly kita semakin upgrade.

Namun dengan mengikuti dan melakukan hal-hal diatas dalam penulisan artikel sudah bisa dipastikan seo friendly sudah tersemat melekat ke artikel yang Anda buat.

Terima kasih
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar